Tips Merawat Payudara Saat Menyusui

Posted by nanda safreza Minggu, 22 September 2013 0 komentar

Merawat Payudara

Perawatan payudara perlu mendapatkan perhatian serius, terutama saat menyusui bayi Anda.Payudara yang terawat baik dan sehat dapat menunjang produksi ASI serta meningkatkan kenyamanan bagi ibu menyusui

Berikut cara merawat payudara ibu menyusui:
1. Gunakan bra yang mampu menyerap keringat, menyangga payudara dengan baik dan tidak terlalu sempit. Pilihlah bra khusus ibu menyusui. Hal ini untuk mempermudah dan membuat Anda lebih nyaman saat memberikan ASI.Selain itu sesuaikan ukuran bra. Memakai bra yang ukurannya tidak sesuai dengan ukuran payudara dapat menyebabkan infeksi seperti mastitis (infeksi pada kelenjar susu di payudara). Ukuran payudara akan bertambah sejak kehamilan hingga menyusui.Guna menunjang perkembangan payudara dalam kehamilan, sejak usia 2 bulan, sebaiknya Ibu mulai mengganti bra dengan ukuran yang lebih besar (dari ukuran yang biasa dipakai) dan dapat menopang perkembangan payudara.
2. Bersihkan kedua puting Anda dengan air hangat setiap habis mandi. Hindari bagian puting terkena sabun mandi sebab dapat membuatnya kering. Tidak hanya itu, lapisan puting juga bisa terkelupas dan menimbulkan rasa nyeri saat menyusui.
3. Cobalah melatih gerakan otot-otot badan yang berfungsi menyangga payudara, misalnya gerakan untuk memperkuat otot dada: kedua lengan disilangkan di depan dada, saling memegang siku lengan lainnya, kemudian lakukan tarikan sehingga terasa tegangan otot-otot di dasar payudara. Latihan itu dapat menunjang produksi ASI dan membantu mempertahankan bentuk payudara setelah selesai masa menyusui.
4. Jika Anda merasa kurang percaya diri dengan puting yang melesak ke dalam, cobalah gunakan alat penarik puting (nipple corecctor). Namun, alat ini mungkin tidak dapat membuat puting menonjol dalam waktu sekejap. Perlu bermingu-minggu melakukannya dengan sabar. Jika perlu, mintalah saran dokter tentang penggunaan alat tersebut.
5. Perawatan lain yang juga bisa anda lakukan adalah dengan pengurutan menggunakan minyak kelapa. Pemijatan dan pengurutan dilakukan di sekitar areola untuk mengeluarkan ASI selama 15-20 kali putaran Proses pengurutan ini sebaiknya dilakukan 1-2 hari setelah melahirkan

Demikianlah informasi Tips Merawat Payudara Saat Menyusui, dapatkan artikel-artikel menarik lainnya hanya di Tips Cara Sehat Keluarga. Mungkin anda juga berminat dengan artikel Tips Instan Meringankan Rasa Sakit Pada Tubuh
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Merawat Payudara Saat Menyusui
Ditulis oleh nanda safreza
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tipscarasehatkeluarga.blogspot.com/2013/09/tips-merawat-payudara-saat-menyusui.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Tips Cara Sehat Keluarga.