Penyebab Gusi Bengkak Dan Pengobatannya

Posted by nanda safreza Senin, 23 Desember 2013 0 komentar
penyebab gusi bengkak

Pernahkah anda mengalami bengkak pada gusi? apakah penyebab gusi bengkak? Perlu kita ketahui bahwa gusi merupakan proses radang. Radang ini ditandai oleh bengkak, memerah, dan nyeri. Proses gusi bengkak ini diakibatkan oleh infeksi bakteri yang terjadi di dalam mulut.

Biasanya penyakit ini mengenai orang-orang yang kebersihan mulutnya kurang dipelihara. Sikat gigi secara tepat dan teratur sehabis makan sangat penting sebagai pencegahan gusi bengkak.

Pembengkakan pada gusi disebabkan pula oleh adanya bakteri pada plak yang menginfeksi jaringan gigi, sehingga menyebabkan infeksi pada gigi dan membuat gusi bengkak, kemerahan, mudah berdarah, dan sakit. Pembengkakan ini dalam istilah medis disebut dengan GINGIVITIS.

1. Kumur mulut dengan campuran air garam hangat.
Air hangat yang dicampur dengan 1 sendok garam terbukti dapat meringankan pembengkakan pada gusi. Hal ini karena kandungan air garam dapat dijadikan antiseptic. Gunakan untuk kumur setidaknya 2 X sehari atau sesuai dengan kebutuhan.

2. Kumur dengan air daun sirih
Selaras dengan larutan air garam, daun sirih juga berkhasiat untuk meringankan pembengkakan gusi. LArutkan pula daun sirih pada air yang hangat. Gunakan untuk berkumur
3. Kumur dengan air lemon
Peras 1 buah lemon kedalam larutan air hangat. Kumur 2-3 kali sehari

4. Minyak Cengkeh
Minyak Cengkeh juga terbukti efektif untuk meredakan berbagai akibat pada masalah sakit gigi termasuk gusi yang membengkak. Caranya sangat mudah cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gusi yang membengkak. Gunakan 2-3 Kali sehari sesudah makan dan sebaiknya gunakan terus sampai gusi anda benar-benar sembuh.

5. Melakukan pemijatan pada gusi
Cara lain yang dapat membantu meringankan sakit pada gusi yang bengkak ialah melakukan pemijatan pada gusi tersebut menggunakan cotton buds dengan cara menggosok halus bagian gusi secara melingkar. Hal ini dapat dilakukan agar peredaran darah dalam gusi dapat lancar. Selain cotton buds, pemijatan juga dapat dilakukan dengan jari telunjuk. Namun tentu saja pastikan bahwa jari anda benar bersih agar tidak ada bakteri lain yang dapat membuat gusi semakin terinfeksi.

6. Konsumsi Vitamin C
Bukan hal baru lagi bahwa kekurangan vitamin C dapat juga menyebabkan gusi yang membengkak. Jadi perbanyak makanan yang mengandung vitamin C sebagai pencegahan agar gusi aman dari pembengkakan

Dan menjadi kebiasaan yang salah sebagian di antara kita dalam menangani kasus gusi yang membengkak akibat kuman pada gigi yang berlubang ialah dengan memasukkan obat pada gigi yang berlubang, mengoleskan balsem atau menempelkan koyo pada sekitar pipi yang sakit. Hal ini justru akan menimbulkan efek yang lebih sakit pada gigi anda.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Penyebab Gusi Bengkak Dan Pengobatannya
Ditulis oleh nanda safreza
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tipscarasehatkeluarga.blogspot.com/2013/12/penyebab-gusi-bengkak-dan-pengobatannya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Tips Cara Sehat Keluarga.