Manfaat Serat Untuk Kesehatan

Posted by blog Jumat, 04 Oktober 2013 0 komentar
Manfaat Serat Untuk Kesehatan - Orang sering abai dengan pemenuhan konsumsi serat di dalam tubuhnya. Globalisasi menjadikan masyarakat Indonesia agak kebarat-baratan. Alhasil, menu wajib seperti buah dan sayur, ditinggalkan. Tak aneh bila, berdasarkan penelitian konsumsi serat orang Indonesia baru mencukupi 1/3 dari kebutuhan normalnya. Makanya, penyakit seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung koroner, dan diabetes banyak menjangkiti masyarakat Indonesia.

manfaat serat

Serat memang berasal dari nabati yang merupakan kumpulan berbagai zat kimia yang tahan terhadap enzim pencernaan sehingga tidak dapat dicerna dengan baik. Tapi, justru karena tidak dapat dicerna inilah yang mampu membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan di dalam tubuh.

Berikut dijelaskan beberapa penyakit yang dapat dicegah oleh serat :

Sembelit
Konsumsi serat yang tinggi akan menghasilkan feses (tinja) dengan berat yang lebih besar. Hal ini akan merangsang gerakan peristaltik usus besar dan menekan tinja keluar. Disamping itu, serat membentuk feses yang lunak dan licin sehingga tidak keras atau terasa sakit saat dikeluarkan.

Gangguan Usus (diverculitis)
Menurut penelitian, hampur sebagian orang dewasa berumur 45 tahun ke atas menderita gangguan usus. Diverculitis atau gangguan usus merupakan penyakit pada saluran usus besar berupa luka dan benjolan, seperti bisul. Benjolan luka ini dapat mempermudah terbentuknya sel-sel kanker, jika kontak dengan senyawa karsinogenik. Tonjolan tersebut dapat mengikat feses sehingga terjadi radang yang menyakitkan. Disinilah fungsi serat yaitu mendorong tinja agar mudah dikeluarkan, sehingga tonjolan dapat mengecil dan lama kelamaan hilang. Meskipun tidak menyembuhkan tapi secara tak langsung serat telah membantu mencegah gangguan usus atau divertikulosis.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat Serat Untuk Kesehatan
Ditulis oleh blog
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tipscarasehatkeluarga.blogspot.com/2013/10/manfaat-serat-untuk-kesehatan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Tips Cara Sehat Keluarga.