7 Langkah Untuk Tidur Yang Lebih Baik

Posted by nanda safreza Rabu, 02 Oktober 2013 0 komentar
tidur nyenyak


7 langkah untuk tidur yang lebih baik - Berikut tips sederhana untuk tidur yang lebih baik, meliputi pengaturan jadwal tidur hingga aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda .

Merasa lebih mudah marah akhir-akhir ini ? Atau hanya merasa terlalu lelah? Mungkin solusinya adalah tidur yang lebih baik.

Pikirkan tentang semua faktor yang dapat mengganggu tidur malam : Dari tekanan di tempat kerja, tanggung jawab keluarga, tantangan yang tak terduga seperti PHK, masalah hubungan pribadi atau penyakit.

Meskipun Anda tidak dapat mengendalikan semua faktor yang mengganggu tidur Anda, namun anda dapat melakukan berbagai kebiasaan yang mendorong tidur anda menjadi lebih baik

1. Tetap taat pada jadwal tidur anda

Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan dan hari libur. Hal ini memperkuat siklus tidur-bangun tubuh Anda dan membantu membuat tidur lebih baik di malam hari.

2. Perhatikan apa yang Anda makan dan minum

Jangan tidur dalam kondisi lapar atau haus. Ketidak nyamanan yang ditimbulkannya mengakibatkan anda selalu terbangun. Batasi minum sebelum tidur, untuk mencegah gangguan harus sering terbangun untuk buang air kecil. Hati-hati pada nikotin, kafein dan alkohol. Nikotin dan kafein dapat mengacaukan kualitas tidur. Meskipun alkohol dapat membuat Anda merasa mengantuk pada awalnya, namun dapat mengganggu tidur kemudian di malam hari .

3. Buatlah ritual tidur

Lakukan hal yang sama setiap malam untuk memberitahu tubuh Anda bahwa sudah waktunya beristirahat. Lakukanlah berbagai hal rutin misalnya mandi air hangat, membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan dengan lampu redup. Kegiatan santai dapat membuat tidur yang lebih baik dengan menimbulkan transisi antara sadar dan kantuk yang halus.
Berhati-hatilah menggunakan TV atau perangkat elektronik lainnya sebagai bagian dari ritual tidur Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa waktu aktifitas tersebut mengganggu tidur.

4. Buatlah rasa nyaman

Buatlah kondisi ruangan yang ideal untuk tidur. Hal ini dapat berupa suhu yang sejuk, pencahayaan yang gelap dan suasana yang tenang. Pertimbangkan untuk menggunakan kamar yang bersuasana gelap, penyumbat telinga, atau perangkat lain untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kasur dan bantal juga dapat berkontribusi untuk tidur yang lebih baik. Jika Anda berbagi tempat tidur Anda, pastikan ada cukup ruang.

5. Batasi tidur siang

Tidur lama di siang hari dapat mengganggu tidur malam hari, terutama jika Anda memiliki insomnia atau kualitas tidur yang buruk di malam hari . Jika Anda memilih untuk tidur di siang hari, batasilah diri Anda untuk sekitar 10 sampai 30 menit dan lakukan saat menjelang sore.

Jika Anda bekerja malam hari, Anda harus membuat pengecualian untuk aturan tentang tidur di siang hari tidur.

6. Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda

Aktivitas fisik yang teratur dapat membuat tidur menjadi lebih baik, membantu Anda untuk tertidur lebih cepat dan menikmati tidur yang lebih dalam.

7. Mengelola stres

Bila Anda memiliki terlalu banyak yang harus dilakukan dan dipikirkan, tidur Anda akan bermasalah . Pertimbangkan cara sehat untuk mengelola stres Mulailah hal-hal dasar, mengorganisir urusan anda, menetapkan prioritas dan mendelegasikan tugas. Berikan diri Anda untuk istirahat ketika Anda membutuhkannya.

Tahu kapan harus menghubungi dokter Anda

Hampir semua orang memiliki malam tanpa tidur, sesekali - tetapi jika Anda sering mengalami kesulitan tidur, hubungi dokter Anda. Mengidentifikasi dan mengobati setiap penyebab dapat membantu Anda mendapatkan lebih baik tidur yang layak Anda dapatkan. Selamat beristirahat !
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 7 Langkah Untuk Tidur Yang Lebih Baik
Ditulis oleh nanda safreza
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tipscarasehatkeluarga.blogspot.com/2013/10/7-langkah-untuk-tidur-yang-lebih-baik.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Tips Cara Sehat Keluarga.