Mencegah Kanker Payudara: 6 Hal yang Wajib Diketahui Wanita

Posted by nanda safreza Sabtu, 30 November 2013 0 komentar
Kanker merupakan kondisi di mana sel-sel telah kehilangan kendali dan mekanisme normal, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal dan tidak terkendali, begitu juga dengan sel kanker payudara. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab spesifik kanker payudara.
Kanker Payudara

Namun demikian, terdapat sejumlah faktor yang diperkirakan mempunyai pengaruh terhadap terjadinya kanker payudara, seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, pola makan tidak sehat, dan masih banyak lagi.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Berikut 6 di antaranya:

1. Jangan Merokok
Sebuah kajian baru yang dikemukakan tim peneliti dari Kanada menyebutkan bahwa wanita premenopause baik perokok aktif maupun pasif lebih mungkin terkena kanker payudara.

Bahkan wanita yang sudah merokok di usia muda berisiko 20 persen mengembangkan kanker payudara. Angka tersebut akan meningkat hingga 45 persen jika mereka tidak bisa menghentikan kebiasaan merokok di tahun-tahun selanjutnya.

2. Hindari Minuman Beralkohol
The American Cancer Society menyatakan bahwa risiko kanker payudara akan meningkat jika wanita tersebut terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol. Wanita yang setiap hari mengonsumsi 1-2 gelas minuman beralkohol berarti berisiko 1-2 kali lebih besar terkena kanker payudara.

3. Jaga Pola Makan
Hindari konsumsi lemak hewani yang berlebihan. Perbanyaklah mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar seperti, bayam, brokoli, buah beri, delima dan masih banyak lagi. Kalau pun Anda ingin mengonsumsi makanan yang digoreng, gunakan minyak zaitun untuk memproses makanan Anda.

4. Tingkatkan Aktivitas Fisik
Jangan beranggapan bahwa untuk memerangi kanker payudara Anda harus melakukan latihan yang berat. Bahkan hanya dengan jalan kaki saja Anda sudah bisa menurunkan risiko kanker payudara. Para ahli merekomendasikan wanita untuk melakukan olahraga ringan seperti, jalan cepat, berenang dan jogging. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan yang dilakukan selama dua jam atau lebih dapat mengurangi risiko kanker hingga 30 persen.

5. Turunkan Berat Badan
Mengurangi berat badan ternyata dapat mengurangi risiko kanker payudara. Penelitian menunjukkan, wanita overweight yang berhasil menurunkan 5 persen dari berat badan mereka, berarti 50 persen berisiko lebih rendah terkena kanker payudara.

Selain itu, wanita overweight yang sanggup menurunkan berat badan memiliki kadar estrogen dan testosteron yang lebih rendah 10-20 persen daripada wanita overweight. Hormon estrogen yang berkaitan dengan kanker payudara (estrogen reseptif) ditemukan pada 70 persen kasus kanker payudara.

6. Rajin Menyusui
Tim peneliti dari Columbia University menemukan bahwa wanita yang rajin menyusui bayinya berhasil menurunkan reseptor estrogen reseptif penyebab kanker payudara. Berdasarkan penelitian tersebut, menyusui dapat mengurangi risiko kanker payudara hingga 91%.

Tak hanya itu, para peneliti juga meyakini bahwa wanita yang rajin menyusui bisa terhindar dari risiko kanker ovarium karena dapat menunda ovulasi mereka.

Sayangnya, masih ada sebagian wanita yang menganggap memberikan ASI kepada bayi sering dianggap ketinggalan zaman dan merusak bentuk tubuh. Padahal penelitian telah membuktikan bahwa menyusui memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Selengkapnya ....

Ingin jantung Anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit jantung?

Posted by nanda safreza 0 komentar
jantung sehat

Ingin jantung Anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit jantung?
Di bawah ini ada 8 tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar jantung tetap sehat, yaitu:

1. Minumlah Teh Hijau Tanpa Gula, Tinggalkan Minuman Bersoda
Seduhlah sendiri teh hijau dan bawa ke manapunAnda pergi, baik itu ke kantor atau sekedar berkunjung ke taman.
Teh hijau mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung dengan cara mencegah kerusakan pembuluh darah.
Minum dua cangkir teh hijau tanpa gula sehari telah terbukti memiliki manfaat untuk melindungi kesehatan jantung.

2. Lakukan Relaksasi
Melakukan relaksasi secara rutin setiap hari dapat menurunkan tekanan darah dan hormon stres yang bisa mendatangkan malapetaka pada jantung dan sistem kardiovaskular.
Berhentilah sejenak dan ambil napas panjang beberapa kali, atau meregangkan badan dan biarkan tubuh Anda rileks. Melakukan sesi meditasi atau yoga juga akan memberi manfaat baik bagi jantung.

3. Makanlah Kacang-kacangan Sehat
Gantilah cemilan Anda dengan memakan kacang-kacangan yang alami dan menyehatkan.
Kacang almond, walnut, dan kacang-kacangan lainnya telah terbukti dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam aliran darah.
Kacang-kacangan mengandung kalori yang tinggi, jadi jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.
Cukup mengonsumsi sedikit kacang dalam seharidapat membantu melindungi jantung dengan lemak yang sehat.

4. Berjalan Kaki
Berjalan kaki membuat tubuh bergerak, melancarkan aliran darah, serta memasukkan udara segar ke dalam paru-paru.
Berjalan cepat sejauh tiga km setiap hari dapat membantu mengendalikan berat badan, menguatkan jantung, dan meningkatkan kelancaran sirkulasi darah.

5. Berhenti Merokok
Kita semua tahu bahwa merokok menyebabkan kerusakan pada arteri dan paru-paru.
Jika tidak bisa langsung berhenti, maka kurangi jumlahnya. Setiap jumlah yang berkurang dalammerokok bisa membantu jantung tetap sehat.

6. Tidur Malam Berkualitas
Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur pada malam hari bisa menyebabkan kerusakan jantung. Kesibukan kerja bisa membuat jumlah jam tidur di malam hari berkurang.
Kurang tidur menyebabkan Anda memiliki risiko dua kali lipat terkena serangan jantung. Tidurlah selama 8 jam penuh, beberapa orang mungkin perlu lebih dari 8 jam.
Tidur adalah saat dimana tubuh memulihkan dirinya sendiri. Jika sulit tidur, cobalah lakukan latihan pernapasan sesaat sebelum mematikan lampu.
Orang yang mendapatkan tidur cukup berat badannya lebih terkontrol dan memiliki kesehatan yang lebih baik.

7. Lakukan Latihan Kekuatan/Olahraga Beban
Menambahkan latihan kekuatan atau olahraga beban sebagai salah satu latihan pada olahraga rutin bisa memperkuat otot jantung serta membantu jantung untuk berdetak dan memompadarah lebih efisien.
Meskipun latihan aerobik harus menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari, sesi latihan beban bisa dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu.

8. Hentikan Mengonsumsi Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji mengandung banyak lemak jenuh, garam, gula, bahan pengawet, dan penguatrasa.
Hampir semua makanan cepat saji tidak hanya merusak kesehatan jantung, melainkan juga bisamenimbulkan penyakit kronis dan obesitas

Baca Selengkapnya ....
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Tips Cara Sehat Keluarga.